Sejarah Komputer dan Evolusi Teknologi dari Mekanik Hingga Digital

Sejarah Komputer

Komputer adalah salah satu inovasi paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Dari mesin hitung atau kalkulator mekanik awal yang dikembangkan pada abad ke-17 hingga perangkat pintar yang terhubung secara global seperti era digital saat ini, perkembangan komputer banyak mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari antara lain pada sektor, pekerjaan, pendidikan dan sektor lainnya. Dalam sejarah komputer telah mengalami transformasi signifikan dari generasi ke generasi, selalu muncul teknologi baru pada bidang teknologi teknologi. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara singkat sejarah perkembangan komputer dari awal tercipta hingga saat ini. Dengan memahami sejarah dan evolusi komputer, kita dapat lebih menghargai betapa luar biasa manfaat dari teknologi dan sejarah komputer dalam mempercepat kemajuan teknologi.

Awal Sejarah Komputer Mekanik

Mesin Hitung atau Kalkulator Mekanik (1600-1940)


Pada abad ke-17, penemu-penemu seperti Blaise Pascal dan Gottfried Wilhelm Leibniz menciptakan mesin hitung mekanik pertama. Pada abad ke-19, Charles Babbage mengembangkan konsep mesin analitik, mesin komputasi programable pertama. Namun, mesin-mesin ini tidak pernah selesai dikembangkan.

Tabulating Machine dan Punched Card (1890-1940)

sejarah komputer


Diciptakan oleh Herman Hollerith, alat ini digunakan untuk memproses dan menganalisis data sensus dengan cepat menggunakan kartu berlubang. Alat ini mengolah data secara otomatis dan di sebut sebagai cikal bakal komputer modern. Herman Hollerith menciptakan mesin penghitung kartu yang menggunakan kartu berlubang untuk menyimpan data. Mesin ini digunakan secara publik untuk kebutuhan sensus dan administrasi bisnis pada saat itu.

Awal Sejarah Komputer Elektronik

Generasi Pertama (1940-1950)


Sejarah Perkembangan komputer elektronik dimulai pada Perang Dunia II dengan penemuan komputer elektronik pertama, Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini menggunakan tabung vakum untuk melakukan operasi matematika. Kemudian di ikuti perkembangan komputer lainnya seperti komputer digital pertama UNIVAC (Universal Automatic Computer) dan EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator).

Generasi Kedua (1950-1960)


Pada era ini transistor menggantikan tabung vakum sebagai komponen dasar komputer. Komputer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat dan lebih efisien dalam penggunaan energi. Salah satu contoh terkenal adalah IBM 1401.

Generasi Ketiga (1960-1970)

Leave a Comment

Chat Whatsapp
Scan the code